@thesis{thesis, author={Setyorini Heni and Sukarno Sukarno and Yunita Galih Yudanari}, title ={PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK DOWN SIDROME SEBELUM DAN SESUDAH BERMAIN PUZZLE ANGKA DI SLB NEGERI UNGARAN KABUPATEN SEMARANG}, year={2020}, url={http://repository2.unw.ac.id/712/}, abstract={Latar Belakang : Kemampuan mengenal angka di usia dini yaitu memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupun yang rumit. Tujuan : Mengetahui Perbedaan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Down Sidrome Sebelum dan Sesudah Bermain Puzzle Angka di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang. Metode : Desain penelitian ini kuantitaif dengan pendekatan One Groups Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini siswa down syndrome yang belum mampu mengenal angka dengan benar di SDLB N Ungaran, Kabupaten Semarang dengan sampel 20 orang diambil menggunakan metode purposive sampling. Alat pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan program SPSS. Analisis bivariat menggunakan uji paired t test. Hasil : Kemampuan mengenal angka pada anak down syndrome sebelum diberikan terapi bermain puzzle Angka sebagian besar kategori cukup (65,5%). Kemampuan mengenal angka pada anak down syndrome sesudah diberikan terapi bermain puzzle Angka sebagian besar kategori baik (55,5%). Ada perbedaan kemampuan mengenal angka sebelum dan sesudah melakukan terapi bermain puzzle angka pada anak down syndrome di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang, dengan p-value = 0,005 < 0,05 (?). Simpulan : Ada Perbedaan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Down Sidrome Sebelum dan Sesudah Bermain Puzzle Angka di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang. Saran : Sebaiknya pihak SLB memberikan terapi bermain puzzle angka sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak down syndrome.} }