@thesis{thesis, author={FIKRI MAULANA}, title ={EVALUASI PROSES PELAYANAN KEFARMASIAN BERDASARKAN WAKTU TUNGGU DI RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING}, year={2020}, url={http://repository2.unw.ac.id/958/}, abstract={Salah satu standar minimal pelayanan farmasi di Rumah Sakit adalah waktu tunggu, waktu tunggu harus dievaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit agar dapat memberikan kepuasan kepada pasien. Untuk mendapatkan kepuasan pasien, pelayanan resep harus dilakukan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi waktu tunggu pelayanan resep dan melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan resep di Rumah Sakit. Metode : Penelitian ini menggunakan metode pendekatan meta analisis. Pengambilan data dengan menggabungkan dua atau lebih penelitian sejenis dengan merajuk pada simpulan umum dari artikel-artikel penelitian sebelumnya sehingga diperoleh paduan data secara kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 5 artikel, dengan 2 artikel Internasional terakreditasi, 1 artikel Nasional terakreditasi di Indonesia dan 2 artikel Nasional lainnya. Hasil : Hasil penelitian dari kelima artikel, rata-rata waktu tunggu resep non racikan adalah 60.35 +/- 30.540 menit dan untuk resep racikan adalah 60.29 +/- 22.397 menit. Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian waktu tunggu pelayanan resep dari kelima artikel menunjukkan belum semua nya sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan resep di Rumah Sakit antara lain sumber daya manusia yang belum cukup, sarana & prasarana yang kurang, sistem informasi management rumah sakit yang belum terintegrasi, peresepan belum sesuai formularium.} }