@thesis{thesis, author={Retno Karminingtyas Sikni and Susilo Jatmiko and Tika Fianti Metri}, title ={HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI BEBERAPA PELAYANAN KESEHATAN}, year={2020}, url={http://repository2.unw.ac.id/966/}, abstract={Latar Belakang : Kepuasan pasien adalah tanggapan pelanggan atau pengguna jasa untuk setiap pelayanan yang diberikan. Kepuasan pasien dapat dikatakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit atau Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Waktu tunggu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien. Tujuan review adalah untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan kepuasan pasien di peleyanan kesehatan. Metode : Review artikel ini dilakukan dengan menelaah beberapa jurnal baik nasional maupun internasional. Hasil : Berdasarkan Analisa kelima artikel didapatkan waktu tunggu pelayanan resep di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang dengan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep sekitar 39 menit 34 detik untuk pelayanan resep obat racikan dan 29 menit 0 detik untuk pelayanan resep obat jadi. Dipuskesmas Kelayan Dalam dengan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep non racikan di jam pelayanan 08.00-10.00 selama 7,28 menit dan jam pelayanan 10.00-12.00 selama 8,14 menit serta rata-rata waktu tunggu pelayanan resep racikan di jam pelayanan 08.00-10.00 selama 3,73 menit dan jam pelayanan 10.00-12.00 selama 4,74 menit. Diapotek pelengkap Kimia Farma BLU RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou secara keseluruhan rata-rata 19 menit 27 detik. Waktu tunggu pelayanan resep obat jadi 16 menit 08 detik. Waktu tunggu pelayanan resep racikan 39 menit 74 detik. Kesimpulan : Berdasarkan review artikel bahwa terdapat hubungan waktu tunggu pelayanan resep dengan kepuasan pasien beberapa pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas dan Apotek Kimia Farma. Kata Kunci : Waktu Tunggu, Resep dan Kepuasan Pasien.} }