@thesis{thesis, author={Purwatiningsih A and Rusmiwari S and Suku O}, title ={Manajemen Layanan Publik Dalam Pelaksanaan Kepmenpan No. 63/2004 di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Dinas Pariwisata Kota Batu)}, year={2022}, url={}, abstract={Pariwisata ialah sumber penghasilan negara paling besar dan berpotensi untuk meningkatkan perekonomian negara. Dari sektor pariwisata yang berada di Indonesia yang perlu dikembangkan melalui infrastruktur, manajemen, dan keamanan sehingga terlahirlah sebuah sektor pariwisata yang banyak peminatnya oleh lokal maupun wisatawan asing. Sehingga pemerintah memberikan otonomi daerah kepada setiap daerah untuk memberi kemerdekaan agar mengelola SDM yang ada di sekitarnya, seperti halnya mengenai SDM dan SDA. Pelayanan (customer service) ialah mempunyai kegiatan untuk melayani kepuasan pelanggan dengan cara membantu memberikan kebutuhan yang diinginkan pelanggan agar keinginannya terpenuhi. Pelayanan publik ialah pekerjaan membantu aktivitas yang seharusnya dikerjakan dan melaksanakan jobdesk dengan cara melaksanakan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan publik agar terlaksana dan terpenuhi. Pada riset berikut menggunakan penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data menggunakan primer dan sekunder. Adapun untuk mengumpulkan data memakai wawancara/interview, observasi dan dokumentasi. Purposive sampling sebagai menentukan responden. Kemudian dianalisis menurut Miles dan Huberman dalam Sugiyono, (2017). Dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi.} }