@thesis{thesis, author={Deo Natalis and Hardianto WT and Larasati DC}, title ={Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Pengurusan Surat Izin Mengemudi di Polres Kota Batu)}, year={2021}, url={}, abstract={Pelayanan adalah melayani jasa kepada masyarakat dalam segala bidang yang dibutuhkan masyarakat, pemberian pelayanan kepada masyarakat merupakan salah satu tugas dan fungsi administrasi negara baik pusat, daerah, maupun dilingkungan Badan Usaha Milik Negara. Dalam penyelenggaraan pelayanan mempunyai standar operasional prosedur diantaranya ada, prosedur pelayanan, waktu, biaya, produk, sarana dan prasarana serta petugas yang melayani sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Namun pada dasarnya pemberi pelayanan publik kurang memaksimalkan memberi pelayanan sehingga masih adanya keluhan masyarakat terhadap pelayanan yang di berikan, hal ini membuat masyarakat menuntut adanya upaya untuk meningkatkan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi peningkatan kualitas pelayanan publik pada pengurusan Surat Izin Mengemudi Polres Kota Batu dan untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat strategi pelayanan publik pada pengurusan Surat Izin Mengemudi di Polres Kota Batu. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi (gabungan), Analisis data bersifat induktif, proses mencari dan menyusun data secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Dari penelitian diperoleh strategi peningkatan kualitas pelayanan publik pada pengurusan Surat Izin Mengemudi di Polres Kota Batu adalah menerapkan pelayanan terpadu dan melakukan sosialisasi di sekolah sekitar Kota Batu, dan menerapakan Wilayah Bebas Korupsi. sedangkan faktor pendukung strategi peningkatan kualitas pelayanan publik pada Polres Kota Batu didukung dengan gedung dan fasilitas yang memadai. Faktor penghambat pelayanan masih minim pembuatan Surat Izin Mengemudi secara online.} }