@thesis{thesis, author={Bulu Fenina and Hastutiningtyas WR and Perwiraningtyas }, title ={Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Sekolah Dasar Di SDN Landungsari 1 Malang}, year={2022}, url={}, abstract={Masalah yang terjadi pada anak sekolah dasar yaitu mengalami gangguan interaksi sosial dengan teman, lingkungan dan masyarakat. Bentuk solusi untuk tingkatkan interaksi sosial pada anak sekolah dasar yaitu dengan memberikan stimulus melalui bermain peran. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh bermain peran terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak sekolah dasar di SDN Landungsari 1 Malang. Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimental dengan perlakuan Two-Group Pra-Post Test Design. Populasi penelitian sebanyak 34 orang anak sekolah dasar kelas IV dan sampel penelitian sebanyak 32 responden (16 kelompok kontrol juga 16 dalam perlakuan) Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. lembar kuesioner kemampuan interaksi sosial alat ukur yang digunakan didalam penelitian ini. uji Marginal Homogeneity adalah jenis analisa data yang digunakan didalam penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan sebelum bermain peran hampir seluruh 13 (81,2%) responden dari kelompok perlakuan mengalami kemampuan interaksi sosial kategori kurang dan sebagian besar 12 (75,0%) responden dari kelompok kontrol juga mengalami kemampuan interaksi sosial kategori kurang, sedangkan sesudah bermain peran hampir seluruh 13 (81,2%) responden dari kelompok perlakuan mengalami kemampuan interaksi sosial kategori baik dan sebagian besar 10 (62,5%) responden dari kelompok kontrol mengalami kemampuan interaksi sosial kategori kurang. Hasil uji Marginal Homogeneity menunjukkan ada pengaruh bermain peran terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak sekolah dasar di SDN Landungsari 1 Malang didapatkan p value = (0,000) < (0,05). Peneliti selanjutnya perlu menambah perlakuan bermain peran lebih dari 2 kali perlakuan dengan durasi lebih dari 30 menit.} }