@thesis{thesis, author={Rajib Alfikri}, title ={PERSEPSI MAHASISWA TENTANG EFEKTIVITAS TUTORIAL PROBLEM BASED-LEARNING DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2018-2019 Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Univesitas Andalas}, year={2022}, url={http://scholar.unand.ac.id/98181/}, abstract={Peningkatan kasus COVID-19 yang tidak terkendali membuat perubahan dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Pembelajaran daring merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menggunakan problem based learning (PBL) sebagai kurikulum pendidikan yang mendapatkan pemahaman pembelajaran yang lebih mendalam terhadap masalah yang dijadikan acuan. Tutorial merupakan jantung dari pembelajaran PBL. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Metode penilitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif dengan desain cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 237 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan Tutorial Effectiveness Instrument yang telah divalidasi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner secara online. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar (89,4%) mahasiswa memberikan pernyataan bahwa diskusi tutorial daring adalah efektif. Bila dilihat dari ketiga aspek yang dijadikan dasar penilaian, yaitu kognitif, motivasi, dan demotivasi mahasiswa menilai aspek-aspek tersebut memberikan efektivitas tutorial PBL sebesar 87,3%,88,6%, dan 73,8%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan diskusi tutorial daring mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas selama masa pandemi COVID-19 sudah berjalan baik dan efektif.} }