@thesis{thesis, author={Sisi Rabnovia}, title ={Teacher Efficacy Guru Pendamping Sekolah Inklusi di Kota Bandung}, year={2022}, url={http://scholar.unand.ac.id/98662/}, abstract={Guru pendamping dibutuhkan untuk mendampingi siswa berkebutuhan khusus agar tercapainya pendidikan inklusi yang lebih maksimal. Guru pendamping seharusnya memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk menangani siswa berkebutuhan khusus. Tetapi studi lapangan ditemukan bahwa guru pendamping kerap merasa bingung dan tidak yakin dalam menghadapi siswa berkebutuhan khusus karena minimnya pengetahuan dan kurangnya kemampuan yang dimiliki. Berdasarkan fenomena yang ditemui, penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran teacher efficacy pada guru pendamping sekolah inklusi di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 orang guru pendamping di 9 sekolah inklusi yang terletak di Kota Bandung dan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan jenis purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan mengadaptasi Teacher Sense of Efficacy Scale (TSES) oleh Tschannen-Moran dan Hoy (2001) yang terdiri dari 24 item dengan reliabilitas sebesar 0,972. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa sebagian besar guru pendamping memiliki teacher efficacy tinggi yaitu sebanyak 76,9%.} }