DETAIL DOCUMENT
PERANCANGAN KAMPANYE TENTANG BERHENTI MENGAKSES PORNOGRAFI UNTUK MAHASISWA LAKI-LAKI USIA 18-22 TAHUN
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
ANDERA (NIM: 17414014), ELBA (STUDENT ID : )
Subject
 
Datestamp
0000-00-00 00:00:00 
Abstract :
Penelitian perancangan kampanye tentang berhenti pornografi untuk mahasiswa laki-laki dilatarbelakangi oleh tingginya angka konsumsi pornografi di Indonesia khususnya oleh lakilaki dari generasi millennial . Penelitian bertujuan untuk menjawab perancangan kampanye tentang berhenti mengakses pornografi untuk mahasiswa laki-laki usia 18-22 tahun. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan wawancara pada mahasiswa lakilaki usia 18-22 tahun untuk mendapatkan insight target. Studi literatur dan wawancara dilakukan untuk memperdalam informasi tentang topik perancangan. Observasi dilakukan untuk mendapatkan insight media. Metodologi perancangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis berdasarkan teori kampanye, tahap kampanye, teori perilaku, dan Model AISAS. Dari hasil analisis, rekomendasi kampanye menggunakan pendekatan kampanye sosial dengan membangun narasi yang membuat target merasa terhubung. Media online sebagai media utama sedangkan media tradisional sebagai pendukung. Fokus pesan iklan menunjukan bahwa dampak buruk pornografi benar-benar bisa dirasakan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Penyampaian iklan kepada target dilakukan dengan menggunakan teknik majas ironi untuk bermain-main dengan persepsi target akan pesan yang disampaikan. Media untuk menyampaikan narasi dalam kampanye adalah web series pada kanal youtube dengan media lain sebagai pengamplifikasi. Tone yang dipilih adalah muda dan provokatif. Hasil dari perancangan bermaksud untuk membuat target kampanye yakni mahasiswa usia 18-22 tahun berhenti mengakses pornografi. 

Institution Info

Institut Teknologi Bandung