Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
ANDERA (NIM: 17414014), ELBA (STUDENT ID : )
Subject
Datestamp
0000-00-00 00:00:00
Abstract :
Penelitian perancangan kampanye tentang berhenti pornografi untuk mahasiswa laki-laki
dilatarbelakangi oleh tingginya angka konsumsi pornografi di Indonesia khususnya oleh lakilaki
dari generasi millennial . Penelitian bertujuan untuk menjawab perancangan kampanye
tentang berhenti mengakses pornografi untuk mahasiswa laki-laki usia 18-22 tahun.
Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan wawancara pada mahasiswa lakilaki
usia 18-22 tahun untuk mendapatkan insight target. Studi literatur dan wawancara
dilakukan untuk memperdalam informasi tentang topik perancangan. Observasi dilakukan
untuk mendapatkan insight media. Metodologi perancangan menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif dengan analisis berdasarkan teori kampanye, tahap kampanye, teori
perilaku, dan Model AISAS. Dari hasil analisis, rekomendasi kampanye menggunakan
pendekatan kampanye sosial dengan membangun narasi yang membuat target merasa
terhubung. Media online sebagai media utama sedangkan media tradisional sebagai
pendukung. Fokus pesan iklan menunjukan bahwa dampak buruk pornografi benar-benar
bisa dirasakan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Penyampaian iklan kepada
target dilakukan dengan menggunakan teknik majas ironi untuk bermain-main dengan
persepsi target akan pesan yang disampaikan. Media untuk menyampaikan narasi dalam
kampanye adalah web series pada kanal youtube dengan media lain sebagai
pengamplifikasi. Tone yang dipilih adalah muda dan provokatif. Hasil dari perancangan
bermaksud untuk membuat target kampanye yakni mahasiswa usia 18-22 tahun berhenti
mengakses pornografi.