DETAIL DOCUMENT
SURVEI KUALITAS LAYANAN INFORMASI OBAT PADA PASIEN BPJS DI RSUP Dr. HASAN SADIKIN BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
NOVIANTI NIM : 11614031, ELIZABETH (STUDENT ID : )
Subject
 
Datestamp
0000-00-00 00:00:00 
Abstract :
Pelayanan informasi obat merupakan salah satu pelayanan farmasi klinik yang merupakan tanggung jawab apoteker dalam pelaksanaannya. Salah satu pendekatan kualitas pelayanan adalah menggunakan dimensi SERVQUAL (Service Quality) yang terdiri dari dimensi kehandalan, ketanggapan, fasilitas fisik, jaminan kepastian dan empati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas layanan informasi obat dengan mengukur skor kualitas layanan dari dimensi SERVQUAL, indeks kepuasan pasien, korelasi antara demografi pasien dengan kepuasan serta mengukur skor kelengkapan informasi obat. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif observasional yang dilakukan secara konkuren dari bulan Maret-April 2018 di Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuisioner yang sudah divalidasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian kali ini sebanyak 398 responden. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung skor rata-rata dari masing-masing dimensi SERVQUAL serta skor kelengkapan informasi obat. Indeks kepuasan pasien dikelompokkan dengan mengacu teori Kaplan dan Norton. Analisis korelasi data demografi dan kepuasan pasien dilakukan dengan metode chi square. Hasil penelitian menunjukkan dimensi yang memiliki skor tertinggi adalah dimensi empati (4,63) dan skor terendah adalah dimensi ketanggapan (3,76). Hasil dari analisis indeks kepuasan yaitu 61,56% pasien mengatakan sangat puas dengan pelayanan informasi obat. Untuk skor kelengkapan informasi obat paling tinggi adalah aturan pakai (4,80) dan skor terendah ada pada interaksi obat (2,80). Terdapat korelasi bermakna antara data demografi pasien dengan kepuasan yaitu tingkat pendidikan (p=0,001) dan lama berobat (p=0,026) 

Institution Info

Institut Teknologi Bandung