DETAIL DOCUMENT
Usulan Strategi Pemasaran untuk Klinik Kecantikan (Kasus: Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang)
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Andrea Dennisa 29116492, Eugenia (STUDENT ID : )
Subject
 
Datestamp
0000-00-00 00:00:00 
Abstract :
Indonesia adalah pasar yang sangat potensial bagi perusahaan kecantikan dan perawatan. Klinik Kecantikan Cosmedic adalah klinik kecantikan yang berkonsentrasi dalam produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan alami dan aman untuk digunakan oleh pelanggan. Klinik Kecantikan Cosmedic tidak hanya menjual produk kecantikan, tetapi juga memberikan layanan yang berkaitan dengan kesehatan kulit. Dengan banyaknya produk dan layanan yang ditawarkan Cosmedic, Cosmedic selalu berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan untuk membuat semua pelanggan puas dan bersedia kembali lagi untuk menggunakan layanan Cosmedic lagi. Cosmedic memiliki banyak pesaing di Semarang, kompetisi ini berdampak pada fluktuasi penjualan dan pengunjung Cosmedic, beberapa pelanggan tidak puas dan tidak loyal. Penelitian ini menggunakan analisis lingkungan internal dan eksternal untuk menciptakan strategi pemasaran. Analisis internal berfokus pada STP (Segmentasi Targeting, dan Positioning) dan Marketing Mix 7P. Analisis eksternal dilakukan dengan menggunakan PESTEL, analisis pesaing, dan analisis pelanggan. Dalam penelitian ini, data primer dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang telah berpengalaman dalam menggunakan produk atau layanan di Cosmedic Beauty Clinic. Kuesioner digunakan untuk mengevaluasi Cosmedic dari perspektif pelanggan mengenai bauran marketng, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Akar permasalahan bisnis adalah produk/jasa, promosi, bukti fisik, dan pesaing. Menurut masalah yang ada, lima alternatif solusi diberikan kepada Cosmedic yaitu; mengadakan promosi dan iklan melalui media sosial dan Search Engine (Google), membeli sistem komputer modern, membeli peralatan dan peralatan kecantikan baru, menggunakan dukungan artis, dan mengadakan promosi penjualan offline. Dari lima solusi alternatif, empat solusi dipilih oleh Penulis, yaitu melakukan strategi promosi online di media sosial dan search engine, membeli alat dan peralatan kecantikan baru, mengadakan promosi offine, dan membeli sistem komputer modern. Dengan menggunakan keempat alternatif solusi ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi perusahaan untuk meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan.  

Institution Info

Institut Teknologi Bandung