Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Purnama Sari, Ratih (STUDENT ID : 26913314)
(LECTURER ID : 0002055402)
(LECTURER ID : 0008056901)
(LECTURER ID : 0003128403)
Subject
Teknik jalan kereta api dan jalan raya
Datestamp
0000-00-00 00:00:00
Abstract :
Prasarana transportasi jalan masih menjadi andalan untuk pergerakan manusia dan
barang. Permasalahan yang sering terjadi adalah kerusakan dini yang diakibatkan
oleh beban berlebih serta temperatur permukaan yang tinggi. Material aspal yang ada
selama ini baik kelas penetrasi maupun modifikasi belum mampu mengatasi
permasalahan ini. Teknologi baru yang sedang dikembangkan dan diuji coba adalah
menggunakan aspal kelas kinerja (performance grade). Penggunaan aspal modifikasi
SPG 76 diharapkan memberikan kinerja perkerasan yang lebih baik.
Perencanaan campuran dilakukan dengan metode Marshall dimana sifat-sifatnya
mengacu pada Spesisikasi Kementerian Pekerjaan Umum. Kinerja campuran
diperoleh melalui pengujian secara mekanistik yaitu pengujian Marshall, Modulus
Dinamis, Modulus Resilien, dan Fatigue. Pengujian rheologi mekanistik untuk aspal
modifikasi SPG 76 juga dilakukan menggunakan alat DSR untuk menentukan nilai
Performance Grade dari aspal tersebut.
Kandungan polimer pada aspal modifikasi SPG76 membuat sifat aspal menjadi lebih
keras serta tahan terhadap temperatur tinggi. Hasil pengujian DSR menunjukkan
bahwa nilai performace grade dari aspal modifikasi SPG76 berada pada satu kelas
kinerja di atas aspal Pen 60/70. Nilai modulus resilien pada campuran aspal
modifikasi SPG76 lebih tinggi dibandingkan aspal Pen 60/70 pada temperatur
pengujian tinggi. Campuran aspal modifikasi SPG76 memiliki ketahanan terhadap
retak yang lebih baik yang ditunjukkan dengan hasil pengujian Fatigue. Secara
umum, aspal modifikasi SPG76 menunjukkan kinerja yang lebih baik pada kondisi
beban tinggi dan temperatur tinggi.