DETAIL DOCUMENT
CAPITAL STRUCTURE DETERMINANTS AND THE SPEED OF ADJUSTMENT OF INFRASTRUCTURE COMPANIES
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Refita Pramudi, Raissa (STUDENT ID : 19016146)
(LECTURER ID : 0014046017)
Subject
 
Datestamp
0000-00-00 00:00:00 
Abstract :
Pembangunan infrastruktur di Indonesia merupakan salah satu pembangunan utama di era Jokowi periode 2015 hingga 2019. Didorong oleh himbauan pemerintah dan revolusi industri, banyak perusahaan membutuhkan tambahan modal untuk memenuhi pembangunan perusahaan. Hal tersebut merubah struktur modal dan dapat menyebabkan struktur tidak optimal. Sektor infrastruktur memiliki paling banyak perusahaan dengan belanja modal yang tinggi dibandingkan dengan perusahaan lain. Perusahaan harus memiliki target optimal struktur modal dan menyesuaikan struktur modalnya dengan target optimal untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Maka dari itu, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis faktor struktur modal, keberadaan target optimal struktur modal, waktu penyesuaian, dan faktor target struktur modal pada perusahaan infrastruktur. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan tergolong dalam sector infrastruktur, utilitas, dan transportasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari tahun 2009 hingga 2018 untuk dianalisis menggunakan regresi data panel tidak seimbang dengan penduga GLS. Model yang digunakan yaitu struktur modal statis dan dinamis. Pada model statis, profitabilitas dan tangibilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap rasio hutang. Pertumbuhan memiliki pengaruh negative signikan terhadap rasio hutang. Faktor lain yang diobservasi termasuk likuiditas, ukuran perusahaan, non-debt tax shield tidak memiliki pengaruh signifikan efek terhadap rasio hutang. Pada model dinamis, profitabilitas memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap penyesuaian rasio hutang. Faktor lain yang diobservasi seperti tangibilitas, pertumbuhan, likuiditas, ukuran perusahaan, dan non-debt tax shield tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penyesuaian rasio hutang. Regresi pda model dinamis juga menunjukkan bahwa perusahaan infrastruktur memiliki target optimal struktur modal yang disesuaikan dengan kecepatan 49%. Perusahaan infrastruktur membutuhkan 6 tahun 10 bulan untuk menyesuaikan struktur modalnya dengan target optimal. Penemuan dalam penilitian ini diharapkan dapat membantu manajer dalam manajemen pembiayaan dan memperkaya literatur keuangan. Beberapa penelitian lanjutan mengenai topik ini menjadi rekomendasi untuk peneliti lain agar dapat saling melengkapi 

Institution Info

Institut Teknologi Bandung