Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Refita Pramudi, Raissa (STUDENT ID : 19016146)
(LECTURER ID : 0014046017)
Subject
Datestamp
0000-00-00 00:00:00
Abstract :
Pembangunan infrastruktur di Indonesia merupakan salah satu pembangunan utama di era Jokowi
periode 2015 hingga 2019. Didorong oleh himbauan pemerintah dan revolusi industri, banyak
perusahaan membutuhkan tambahan modal untuk memenuhi pembangunan perusahaan. Hal
tersebut merubah struktur modal dan dapat menyebabkan struktur tidak optimal. Sektor infrastruktur
memiliki paling banyak perusahaan dengan belanja modal yang tinggi dibandingkan dengan
perusahaan lain. Perusahaan harus memiliki target optimal struktur modal dan menyesuaikan
struktur modalnya dengan target optimal untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Maka dari itu,
penelitian ini ditujukan untuk menganalisis faktor struktur modal, keberadaan target optimal struktur
modal, waktu penyesuaian, dan faktor target struktur modal pada perusahaan infrastruktur. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan tergolong
dalam sector infrastruktur, utilitas, dan transportasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari
tahun 2009 hingga 2018 untuk dianalisis menggunakan regresi data panel tidak seimbang dengan
penduga GLS. Model yang digunakan yaitu struktur modal statis dan dinamis. Pada model statis,
profitabilitas dan tangibilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap rasio hutang.
Pertumbuhan memiliki pengaruh negative signikan terhadap rasio hutang. Faktor lain yang
diobservasi termasuk likuiditas, ukuran perusahaan, non-debt tax shield tidak memiliki pengaruh
signifikan efek terhadap rasio hutang. Pada model dinamis, profitabilitas memiliki pengaruh negatif
signifikan terhadap penyesuaian rasio hutang. Faktor lain yang diobservasi seperti tangibilitas,
pertumbuhan, likuiditas, ukuran perusahaan, dan non-debt tax shield tidak memiliki pengaruh
signifikan terhadap penyesuaian rasio hutang. Regresi pda model dinamis juga menunjukkan bahwa
perusahaan infrastruktur memiliki target optimal struktur modal yang disesuaikan dengan kecepatan
49%. Perusahaan infrastruktur membutuhkan 6 tahun 10 bulan untuk menyesuaikan struktur
modalnya dengan target optimal. Penemuan dalam penilitian ini diharapkan dapat membantu
manajer dalam manajemen pembiayaan dan memperkaya literatur keuangan. Beberapa penelitian
lanjutan mengenai topik ini menjadi rekomendasi untuk peneliti lain agar dapat saling melengkapi