Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Jeremia Ginting, Theofilus (STUDENT ID : 25016065)
(LECTURER ID : 0012025102)
Subject
Datestamp
0000-00-00 00:00:00
Abstract :
Peningkatkan performa struktur terhadap gempa kuat menjadi konsentrasi yang perlu dikembangkan mengingat dampak seismik gempa menghasilkan derajat kerusakan yang cukup parah. Untuk itu dikembangkan suatu teknik yang lebih efektif dan dapat diaplikasikan pada desain seismik struktur, sehingga kerusakan dapat diminimalkan secara signifikan atau dapat dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi parametrik efektifitas penggunaan lead rubber bearing yang dipasang pada jembatan beton bentang menerus. Analisis terhadap gaya gempa menggunakan analisis dinamik menggunakan respon spektra, getaran harmonik dan sebagai evaluasi akhir terhadap kinerja lead rubber bearing, akan dianalisis dengan metode analisis riwayat waktu.
Lead rubber bearing (LRB), bila diterapkan pada perletakan jembatan pilar (pier) tinggi akan berbeda dengan penerapan pada pilar (pier) pendek. Perbedaan itu ada pada kekakuan elastik yang dimilikinya. Hubungan paralel antara LRB sebagai bearing dengan pilar adalah sama ? sama berperan dalam menahan beban lateral pada struktur jembatan, terutama beban gempa. Baik LRB maupun pilar (pier) sejatinya mampu memberikan energi redaman dari kekakuan yang dimilikinya. Diharapkan bahwa performa kekuatan jembatan tidak lagi hanya mengandalkan dimensi dan kekakuan yang besar pada pilarnya dalam merespon beban gempa, namun penggunaan LRB sebagai perangkat struktur pada perletakan jembatan mampu meningkatkan efektifitas kekakuan pilar dalam memberikan energi redaman saat terjadi gempa.
Dalam penelitian ini terlebih dahulu akan dilakukan desain awal jembatan untuk menguatkan hipotesa yang dapat menggambarkan analisis pendekatan dari struktur jembatan aktual di lapangan. Desain jembatan digambarkan dalam suatu permodelan dengan menggunakan software MIDAS CIVIL dengan karakteristik pembebanan untuk jembatan berdasarkan SNI 1725:2016 dan perencanaan jembatan terhadap beban gempa berdasarkan SNI 2833:2016. Hasil penelitian ini nantinya dapat menunjukkan bahwa peranan lead rubber bearing efektif dalam mereduksi perpindahan (displacement) struktur atas jembatan pada arah longitudinal maupun transversal, terutama pada kolom pilar (pier) tinggi.