DETAIL DOCUMENT
PENGARUH SURFACE TREATMENT DAN PRE HEAT PADA PELAPISAN MATERIAL ABRADABLE (DENGAN KONDUKTIF TEMBAGA) MENGGUNAKAN METODE HIGH VELOCITY OXYGEN FUEL (HVOF) TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN KARAKTERISTIK AUS
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Muhammad Irsyadillah, Razief (STUDENT ID : 13715046)
(LECTURER ID : 0411117703)
Subject
Teknik (Rekayasa, enjinering dan kegiatan berkaitan) 
Datestamp
0000-00-00 00:00:00 
Abstract :
Kampas rem merupakan salah satu contoh material abradable yang dapat dibeli dengan mudah. Akan tetapi HVOF tidak pernah digunakan untuk membuat kampas rem yang mana sejatinya metode ini dapat meningkatkan sifat mekanik suatu komponen. Hal ini menjadi suatu hal yang menarik untuk diteliti karena dengan meningkatnya sifat mekanik kampas rem, komponen ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan parameter proses HVOF yaitu pemanasan awal 50oC, 100oC, dan 150oC dan perlakuan permukaan blasting,pengetsaan, dan blasting yang ditambahkan pengetsaan. Sehingga melalui penelitian ini dapat diketahui pengaruh dari variasi parameter yang dilakukan terhadap ketebalan, kekerasan dan karakteristik aus. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa perlakuan permukaan blasting + etching menghasilkan kekasaran yang paling tinggi akan menghasilkan nilai ketebalan dan kekerasan yang paling tinggi dan ketahanan aus paling baik. Selain itu, temperatur pre heat 150oC akan menghasilkan ketebalan dan kekerasan yang paling tinggi dan ketahanan aus yang paling baik. Didapatkan nilai kekerasan yang paling tinggi adalah 488 HV dengan ketebalan 0,168 mm dan pengurangan massa 0,002 g dalam 3 siklus. Dari hasil pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa fenomena aus yang terjadi adalah fenomena aus abrasif. 

Institution Info

Institut Teknologi Bandung