Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Hedianti Putri, Devyantasa (STUDENT ID : 29117387)
(LECTURER ID : 0021076503)
Subject
Manajemen umum
Datestamp
0000-00-00 00:00:00
Abstract :
PT Telekomunikasi Indonesia atau dikenal sebagai Telkom adalah perusahaan milik negara Indonesia yang bergerak di bidang telekomunikasi dan penyedia jaringan. Salah satu produk mereka di segmen konsumen adalah Indihome. Indihome adalah singkatan dari Indonesia Digital Home. Indihome adalah layanan digital terkemuka yang menggunakan teknologi serat optik yang menawarkan layanan Triple Play yang terdiri dari internet rumah (fixed broadband internet), telepon kabel tidak bergerak dan TV interaktif (UseeTV). Sejak diluncurkan pada tahun 2015, Indihome telah berkembang, saat ini, pada Desember 2018 data Telkom menunjukkan bahwa Indihome memiliki 5,1 Juta konsumen tetap di seluruh Indonesia. Menjadi penyedia layanan servis internet, layanan Assurance menjadi bagian penting dari mempertahankan loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan.
Selama tahun 2018 diketahui bahwa kinerja Assurance Indihome tidak dalam kondisi yang baik, diukur dengan menggunakan jaminan KPI mereka yang menunjukkan bahwa terdapat 7,01% keluhan pelanggan (Q) terkait dengan gangguan akses jaringan. penelitian ini kemudian melacak komposisi Q terbesar, dan ditemukan di Telkom Witel Surabaya Selatan, yang memiliki 7,25% Q. merujuk pada analisis ditemukan bahwa 90,2% Q disebabkan oleh kesalahan akses jaringan fisik, dan juga ditemukan bahwa 50% di antaranya disebabkan oleh kerusakan kabel yang disebabkan oleh faktor eksternal dan sisanya disebabkan oleh pemasangan yang tidak standar. studi ini kemudian menggunakan analisis akar masalah saat ini untuk menganalisis akar penyebab instalasi tidak standar dan menemukan lima akar penyebab yang perlu diselesaikan.
Studi ini akan menggunakan kerangka kerja strategi operasi dari Nigel dan Slack untuk mengusulkan solusi strategi operasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah. Menggunakan kerangka kerja, masalah bisnis utama di sini adalah ada kesenjangan antara kinerja jaringan Indihome saat ini dan harapan pelanggan Indihome berkaitan dengan kinerja layanan jaringan, dan Telkom Witel Surabaya Selatan harus dapat memberikan layanan Indihome yang lebih stabil. Studi ini kemudian mengusulkan 8 strategi operasi dengan rencana implementasinya dalam bentuk program.