Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Nurhafid, Alfi (STUDENT ID : 29118055)
(LECTURER ID : 0015128209)
Subject
Manajemen umum
Datestamp
0000-00-00 00:00:00
Abstract :
Tesis ini menyajikan desain proses bisnis service-assurance dari Antares (produk Internet-of-Things (IoT) platform Telkom) dengan menerapkan Enhanced Telecom Operation Map (eTOM) sebagai standar kerangka kerja proses bisnis Telkom untuk memberdayakan aktivitas bisnis. Thesis ini mencakup identifikasi isu bisnis strategis, eksplorasi mendalam isu bisnis, desain alternative solusi bisnis, dan rencana implementasi and kebutuhan sumber daya.
Motivasi dari studi ini adalah untuk memecahkan isu bisnis strategis yang menunjukkan lamanya time-to-market dari Antares yang mencapai hingga 36 bulan (hingga Juli 2019) dibandingkan dengan kebijakan time-to-market standar Telkom yaitu 24 bulan (keterlambatan 12 bulan) yang kemudian menghambat aktivitas bisnis Antares dari tahap design-and-develop hingga operation. Untuk menemukan root-cause dari isu bisnis yang sudah teridentifikasi, studi teoritis dilakukan untuk mengeksplorasi manajemen siklus hidup produk, konsep manajemen proses bisnis, audit proses, dan Analytic Hierarchy Process (AHP) sebagai metode prioritisasi. Kemudian, diuraikan dengan analisis kondisi bisnis Telkom yang menyajikan beberapa proses dekomposisi sebagai metode untuk mengeksplorasi implementasi teoritis dari kehidupan nyata dalam proses bisnis Telkom. Berdasarkan studi eksplorasi ini, diidentifikasi bahwa dokumentasi desain proses bisnis operasional pelanggan Antares dalam proses scoping product development pada tahap design-and-develop tidak dipersiapkan dengan baik untuk dinilai pada alat penilaian internal Telkom.
Berdasarkan pada akar penyebab dari masalah bisnis, tesis ini menawarkan penerapan level-3 eTOM Business Process Framework dalam proses bisnis operasi pelanggan yang terdiri dari beberapa alternatif solusi bisnis untuk desain proses bisnis reactive-assurance atau problem-to-solution dan solusi bisnis untuk desain proses bisnis fulfilment dan billing and collection. Alternatif keempat and ketiga dari desain proses bisnis problem-to-solution adalah solusi bisnis yang tepat untuk Antares yang didukung oleh Simple Multi-Attribute Rating Technique (SMART) sebagai metode pengambilan keputusan. Selain itu, Telkom disarankan untuk melibatkan sekitar 11 sumber daya manusia untuk melakukan kegiatan implementasi dalam waktu kurang dari 3 bulan dengan menghabiskan sekitar 21 juta rupiah untuk mengimplementasikan solusi bisnis