Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Rizki Ramadhani, Nira (STUDENT ID : 13516018)
(LECTURER ID : 0026116302)
(LECTURER ID : 0019118703)
Subject
Datestamp
0000-00-00 00:00:00
Abstract :
Pada abad ke-21, teknologi sudah menjadi bagian yang sangat melekat dengan
kehidupan hampir semua orang di dunia dan akan terus berkembang. Oleh karena
itu, cara berpikir seseorang juga harus mampu mengikuti perkembangan teknologi.
Sejak tahun 2006, cara berpikir komputasi atau yang dikenal dengan computational
thinking dinyatakan sebagai keterampilan mendasar bagi semua orang yang perlu
dimiliki sedini mungkin. Di era digial yang sekarang terjadi ini, penerapan
pembelajaran konsep computational thinking yang cocok untuk anak-anak adalah
dalam bentuk aplikasi permainan pada smartphone. Tugas akhir ini memiliki tujuan
untuk menghasilkan desain interaksi dan antarmuka aplikasi permainan
pembelajaran konsep computational thinking. Metodologi yang digunakan dalam
pelaksanaan tugas akhir ini adalah pendekatan user-centered design (UCD). Hasil
keluaran dari tugas akhir ini berupa prototipe high-fidelity yang memenuhi usability
dan user experience goal yang ditentukan dari hasil riset pengguna, yakni effective
to use, learnability, dan enjoyable. Dalam tugas akhir ini pun dilakukan pengujian
dengan metode usability testing untuk mengukur ketercapaian usability dan user
experience goals dengan menggunakan metrik pengujian kegunaan aplikasi, seperti
completion rate, Single Ease Question (SEQ), System Usability Scale (SUS), dan
Intrinsic Motivation Inventory (IMI) khususnya subskala interest/enjoyment. Selain
itu, wawancara singkat dengan pengguna juga dilakukan untuk memperoleh umpan
balik dari pengguna. Hasil pengukuran completion rate adalah 97,4%/100% untuk
mengukur effective to use, skor SEQ adalah 6,12/7 dan skor SUS adalah 70,5/100
untuk mengukur learnability, dan skor IMI untuk subskala interest/enjoyment
adalah 6,02/7 untuk mengukur enjoyable. Aplikasi ini telah mencapai usability dan
user experience goal karena semua hasil pengukuran menggunakan keempat metrik
tersebut berada di atas rata-rata.