DETAIL DOCUMENT
PENDEKATAN MODEL K-MEANS DAN SUBTRACTIVE CLUSTERING UNTUK SEGMENTASI PENJUALAN PRODUK KACAMATA STUDI KASUS : OPTIK MINANG CITRA GROUP
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara
Author
Arvio, Yozika
Subject
Teknik Informatika 
Datestamp
2023-06-08 12:35:42 
Abstract :
Optik Minang Citra Group merupakan retail optik professional yang menawarkan berbagai jenis produk mulai dari lensa kacamata, frame kacamata, lensa kontak dan aksesoris dari berbagai brand. Data penjualan di seluruh cabang Optik Citra Minang Group memiliki volume yang cukup besar yaitu sejumlah 95.308 produk selama tahun 2019. Dimana didalamnya terdapat variasi produk kacamata yang cukup beragam sehingga menyulitkan untuk melakukan pengelompokkan terhadap berbagai jenis variasi untuk setiap jenis produk kacamata yang ada. Salah satu cara untuk mengelompokkan data penjualan berdasarkan karakteristik pelanggan dapat menggunakan segmentasi. Untuk menentukan segmentasi penjualan dapat dilakukan dengan Clustering yaitu dengan cara mengelompokkan data berdasarkan karakteristik penjualan. Proses pengelompokan dilakukan dengan menggunakan Algoritma K-Means dan Subtractive Clustering dan data yang digunakan merupakan produk kacamata di 3 cabang optik yaitu Optik Citra Padang, Optik Minang Padang dan Optik Citra Pekanbaru selama tahun 2019. Hasil perhitungan menggunakan Algoritma K-means pada penelitian ini di dapat sebanyak 3 cluster dengan kriteria merk produk, jumlah penjualan dan harga yang berbeda di setiap cabangnya. Sedangkan pada perhitungan Subtractive adalah mencari nilai maksimal potensial yang ada, sehingga jumlah cluster yang dihasilkan adalah 1 cluster yang menunjukkan produk kacamata paling laris di masing-masing cabang. Hasil akhir berupa pemetaan pola prilaku pelanggan nantinya dapat digunakan sebagai strategi penyediaan produk yang akan dijual pada tahun berikutnya oleh para pengambil keputusan. 
Institution Info

Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara