Abstract :
RS Husada Utama adalah salah satu Rumah Sakit yang baru 11 tahun berdiri. Diresmikan pada tahun 2006, Rumah sakit yang berlokasi di Jl. Prof. Dr. Mustopo 31 – 35 Surabaya ini mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur sebagai rumah sakit umum kelas B. Dengan adanya kode etik promosi pada rumah sakit dan RS Husada Utama adalah rumah sakit yang masih baru saja berdiri, membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana cara RS Husada Utama memperkenalkan dan menginformasikan layanan kesehatan yang dimiliki oleh RS Husada Utama kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi publisitas yang diterapkan oleh RS Husada Utama dalam meningkatkan brand awareness. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara
mendalam (indepth interview). Strategi brand awareness yang dibentuk RS Husada Utama adalah memanfaatkan bentuk bangunan Rumah Sakit yang tinggi dan megah, kemudian fasilitas yang nyaman dan lengkap, serta beberapa program yang tidak banyak dimiliki RS lain. Hal tersebut membuat RS HU mudah diingat oleh masyarakat. Dalam penelitian ini terlihat bahwa publisitas RS Husada Utama dalam meningkatkan brand awareness adalah dengan memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui media massa, seminar, dan berbagai kegiatan. Strategi brand awareness yang diciptakan oleh RS Husada Utama meliputi 4 indikator yaitu recall, recognition, purchase, and consumptions.
Kata Kunci: brand awareness, publisitas, RS Husada Utama