DETAIL DOCUMENT
Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMPIT Darul Fikri Sidoarjo pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Gaya Belajar
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Nisa’, Nanda Apriayu Khoirun
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2021-02-01 08:24:47 
Abstract :
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa pada kelas IX SMPIT darul Fikri Sidoarjo ditinjau dari gaya belajar. Penelitian dilaksanakan dengan sistim daring (dalam jaringan) pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini berjumlah tiga siswa yang terdiri dari satu siswa bergaya belajar visual, satu siswa bergaya belajar auditori, dan satu siswa bergaya belajar kinestetik. Instrumen penelitian ini menggunakan angket sebagai sarana untuk mengelompokkan siswa sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki dan tes tulis serta wawancara untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa beragaya belajar visual, auditori, dan kinestetik mampu mengidentifikasi fakta dan pertanyaan, menemukan informasi yang sesuai dan membuat model gambar serta membuat pola, mengestimasi solusi dan menggunakan kemampuan geometri, memeriksa kembali jawaban dengan tingkat pemenuhan yang berbeda. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo