Abstract :
Keaktifan siswa adalah suatu proses pembelajaran yang dapat mengembangkan
kognitif, afektif dan psikomotor yang dimiliki siswa. Penelitian ini didasari oleh
guru pada saat proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah,
pemberian contoh dan media yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa
kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk
mengembangkan media POLITEMASI terhadap keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran kelas V sekolah dasar. Terdapat rumusan masalah bagaimana
pengembangan media POLITEMASI serta keefektifan media POLITEMASI
terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan
dengan model pengembangan Research and Developmet menurut Borg and Gall
yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,
validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi ahli, observasi, tes hasil belajar
dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji coba dan analisis
keefektifan media pembelajaran. Dari proses validasi oleh validasi ahli media
memperoleh presentase 92,9% dengan kriteria sangat baik dan validasi materi
sebesar 87,5% dengan kriteria sangat baik sehingga media POLITEMASI
dinyatakan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Hasil observasi aktifitas
siswa sebesar 90,5% dengan kriteria tinggi. Hasil pre test dan post test dengan
presentase nilai pre test sebesar 55,5% dan nilai post test sebesar 88,8%. Presentase
kenaikan media POLITEMASI tersebut yaitu sebesar 33,3%. Hasil respon siswa
mencapai presentase 84,4% dan masuk dalam kriteria sangat baik. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa media POLITEMASI (Monopoli Tematik 3 Dimensi) layak
digunakan dalam proses pembelajaran.