DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Literasi Buku Cernik terhadap Minat Baca Siswa Tema 6 Subtema 4 Siswa Kelas V SD AL Ishlah
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Hikmah, Indah Lailatul
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2021-06-15 07:16:10 
Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru belum menggunakan media yang dapat meningkatkan minat baca siswa dalam kegiatan pembelajaran literasi, sehinga ketika proses pembelajaran literasi berlangsung banyak siswa yang kurang memperhatikan karena guru hanya menggunakan buku bacaan atau buku yang sesuai dengan buku tema di sekolah yang membuat siswa dalam proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi buku cernik terhadap minat baca siswa kelas V SD AL Ishlah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan validasi ahli, observasi, angket (kuesioner), dan wawancara. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD AL Ishlah Rejeni Krembung sebanyak 11 siswa, 6 siswa kelas eksperimen dan 5 siswa kelas kontrol. Dengan teknik pengambilan sampel Quasi Eksperimental Design yang mempunyai kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari data yang telah dikumpulkan, setelah dianalisis diperoleh dari data hasil validasi ahli materi memperoleh 93,3% dengan kategori sangat baik, dan hasil penilaian validasi dua ahli media yang pertama memperoleh 88,4% yang kedua memperoleh 96,1% dengan kategori sangat baik. Hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan yang signifikan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah ada pengaruh literasi Buku Cernik terhadap minat baca siswa kelas V SD AL Ishlah Rejeni Krembung. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo