Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru belum menggunakan media yang
dapat meningkatkan minat baca siswa dalam kegiatan pembelajaran literasi,
sehinga ketika proses pembelajaran literasi berlangsung banyak siswa yang
kurang memperhatikan karena guru hanya menggunakan buku bacaan atau buku
yang sesuai dengan buku tema di sekolah yang membuat siswa dalam proses
pembelajaran menjadi kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh literasi buku cernik terhadap minat baca siswa kelas V SD AL Ishlah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah dengan validasi ahli, observasi, angket (kuesioner), dan
wawancara. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD AL Ishlah Rejeni
Krembung sebanyak 11 siswa, 6 siswa kelas eksperimen dan 5 siswa kelas
kontrol. Dengan teknik pengambilan sampel Quasi Eksperimental Design yang
mempunyai kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Dari data yang telah dikumpulkan, setelah dianalisis diperoleh dari data hasil
validasi ahli materi memperoleh 93,3% dengan kategori sangat baik, dan hasil
penilaian validasi dua ahli media yang pertama memperoleh 88,4% yang kedua
memperoleh 96,1% dengan kategori sangat baik. Hasil pretest dan posttest
mengalami peningkatan yang signifikan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah
ada pengaruh literasi Buku Cernik terhadap minat baca siswa kelas V SD AL
Ishlah Rejeni Krembung.