Abstract :
Berpikir kritis adalah suatu proses internal yang bisa dilakukan oleh individu secara
sadar dan melalui beberapa tahapan dalam memproses suatu informasi guna
memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari, dengan melatih kemampuan
berpikir krtis maka siswa akan dapat berpikir secara logis atau ilmiah terkait
masalah yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan
modul stiker yang dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V
sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model
pengembangan Research and Developmet yang terdiri dari tahap potensi dan
masalah, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi
produk, dan uji pemakaian produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah validasi ahli, observasi, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), respon
siswa. Dengan prosedur penelitian terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan,
pelaksanaa, dan tahap akhir.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap pada tanggal 14 Maret sampai 9
April 2020 dengan subjek penelitian yaitu siswa sekolah dasar kelas V SDN
Gamping 2 sebanyak 11 siswa yang terbagi menjadi tahap uji coba dan uji
pemakaian. Dari proses validasi oleh ahli modul dan ahli materi memperoleh hasil
sebesar 4,21 dengan kategori sangat valid dan dinyatakan layak untuk dijadikan
bahan ajar. Keefektifan modul dinilai dari hasil belajar dan keaktifan siswa selama
mengikuti pembelajaran menggunkan modul stiker. Hasil belajar siswa sebesar
80% sampai 83,33% sehingga perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa
meningkat sebesar 25% sampai 65% dan keaktifan siswa sebesar 80,46% sampai
82,07%. Sementara respon siswa terhadap modul stiker mencapai 96,67% dengan
kategori sangat positif.