DETAIL DOCUMENT
Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Suhaji, Ihfan Purnama
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2021-06-15 07:17:24 
Abstract :
Kemampuan berpikir reflektif adalah kesanggupan berpikir siswa menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan sebelumnya untuk mengidentifikasi, menjelaskan dan mengevaluasi apa yang telah kerjakan sehingga jika melakukan kesalahan siswa mampu memperbaiki guna memperoleh kesimpulan secara benar. Untuk melibatkan kemampuan berpikir reflektif siswa, maka peneliti membuat kegiatan memecahkan masalah matematika dengan setiap siswa memiliki kemampuan berbeda-beda dalam gaya kognitif yaitu field independent dan field dependent. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari yaitu field independent dan field dependent. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI dengan menggunakan tes GEFT untuk mengetahui 4 subjek yaitu 2 siswa jenis field independent dan 2 siswa jenis field dependent. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik yaitu siswa menyelesaian soal TMM dengan think aloud dan introspection untuk dibandingkan dengan hasil wawancara setelah mengerjakan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek jenis field independent memiliki kemampuan berpikir reflektif yang memenuhi fase indikator yaitu reacting (berpikir reflektif untuk aksi), comparing (berpikir reflektif untuk evaluasi) dan contemplating (berpikir reflektif untuk inkuiri kritis) sedangan subjek jenis field dependent tidak mengalami kemampuan berpikir refletif. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo