Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan profil disposisi matematis
siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual berdasarkan tingkat kemampuan
matematis tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes Pemilihan Subjek,
Tes Disposisi Matematis danWawancara. Hasil Analisis data menunjukkan : (1) Subjek
dengan kemampuan matematis tinggi dalam menyelesaika soal kontekstual termasuk
kategori disposisi matematis berkriteria tinggi. (2) Subjek dengan kemampuan
matematis sedang dalam menyelesaikan soal kontekstual termasuk kategori disposisi
berkriteria sedang. (3) Subjek dengan kemampuan matematis rendah dalam
menyelesaikan soal kontekstual termasuk kategori disposisi matematis belum tentu
termasuk berkriteria rendah. Adanya siswa dengan kemampuan matematis rendah
belum tentu masuk kategori disposisi matematis sangat rendah, karena pada penelitian
ini siswa dengan kemampuan matematis rendah mampu menyelesaikan masalah
dengan segala usaha dan rasa ingin tahunya dalam bermatematika.