Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kesalahan peserta
didik dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV berdasarkan gaya kognitif field
independent dan field dependent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Penentuan subjek berdasarkan perolehan hasil tes soal GEFT yang
diberikan kepada 36 peserta didik dari kelas X MIPA 2 SMA Islam Sidoarjo dengan
tujuan untuk membedakan tipe gaya kognitif peserta didik dan perolehan hasil tes
soal cerita SPLTV dengan tujuan untuk mengetahui pemikiran peserta didik juga
ingin lebih dalam mengetahui letak kesalahan, jenis kesalahan dan faktor penyebab
kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita. Subjek yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 4 peserta didik yang diambil dari kelas X. MIPA 2, yaitu
dua peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent dengan perolehan
skor hasil tes GEFT sebanyak 13 hingga 15 dan dua peserta didik yang memiliki
gaya kognitif field dependent dengan perolehan skor hasil tes GEFT sebanyak 5
hingga 6. Tes soal cerita SPLTV diberikan setelah peserta didik melakukan tes
GEFT, adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui pemikiran peserta didik juga
ingin lebih dalam mengetahui letak kesalahan, jenis kesalahan dan faktor penyebab
kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan
adanya persamaan letak kesalahan, jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan
dalam menyelesaikan soal cerita pada keempat subjek, adapun letak kesalahan yang
sering ditemui adalah kesalahan dalam menuliskan permisalan dan menuliskan ke
dalam bentuk kalimat matematika. Selain itu, jenis kesalahan yang sering dilakukan
adalah kesalahan dalam menuliskan informasi yang terdapat pada konteks soal dan
mengoperasikan ke bentuk kalimat matematika. Sedangkan faktor penyebab
kesalahan yang sering ditemukan yaitu kurangnya pemahaman peserta didik pada
konsep soal SPLTV