DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Auliyah, Zumrotul
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-06-15 07:18:12 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV berdasarkan gaya kognitif field independent dan field dependent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek berdasarkan perolehan hasil tes soal GEFT yang diberikan kepada 36 peserta didik dari kelas X MIPA 2 SMA Islam Sidoarjo dengan tujuan untuk membedakan tipe gaya kognitif peserta didik dan perolehan hasil tes soal cerita SPLTV dengan tujuan untuk mengetahui pemikiran peserta didik juga ingin lebih dalam mengetahui letak kesalahan, jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 peserta didik yang diambil dari kelas X. MIPA 2, yaitu dua peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent dengan perolehan skor hasil tes GEFT sebanyak 13 hingga 15 dan dua peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent dengan perolehan skor hasil tes GEFT sebanyak 5 hingga 6. Tes soal cerita SPLTV diberikan setelah peserta didik melakukan tes GEFT, adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui pemikiran peserta didik juga ingin lebih dalam mengetahui letak kesalahan, jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya persamaan letak kesalahan, jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada keempat subjek, adapun letak kesalahan yang sering ditemui adalah kesalahan dalam menuliskan permisalan dan menuliskan ke dalam bentuk kalimat matematika. Selain itu, jenis kesalahan yang sering dilakukan adalah kesalahan dalam menuliskan informasi yang terdapat pada konteks soal dan mengoperasikan ke bentuk kalimat matematika. Sedangkan faktor penyebab kesalahan yang sering ditemukan yaitu kurangnya pemahaman peserta didik pada konsep soal SPLTV 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo