DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL BERBASIS LINGKUNGAN TERADAP HASIL BELAJAR PADA SUB TEMA TANAMAN DI SEKITARKU KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Indiarti, Maysintia
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-06-15 07:18:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada sub tema tanaman di sekitarku. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah kelas 1 SDN Kebaron Tulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar mendapatkan nilai thitung sebesar 11,695 dan ttabel diperoleh nilai sebesar 2,093 sehingga thitung < ttabel maka H0 ditolak, maka H1 diterima. Hasil nilai signifikan yaitu nilai signifikannya kurang dari 0,05 yaitu Sig.(0,000) < 0,05 sehingga H0 ditolak, maka H1 diterima. Hasil penelitian terhadap efektivitas siswa berdasarkan perhitungan uji efektivitas atau N-gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas 1 sebesar 74,6404 termasuk dalam kategori sudah efektif. Dengan nilai N-gain score minimal 42,86 dan maksimal 100,00. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar menggunakan tes awal atau Pretest dan tes akhir Posttest terdapat pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo