Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media EMOSI (engklek
modifikasi) pada tema 6 Cita-Citaku subtema 3 Giat Meraih Cita-Cita. Penelitian
ini ini didasari oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah
dan media yang digunakan hanya buku tema yang ditampilkan pada proyektor tanpa
adanya media pembelajaran yang bervariasi sehingga beberapa siswa merasa cepat
bosan dan tidak memperhatikan ketika guru menyampaikan materi pembelajaran
dan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan media
pembelajaran EMOSI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen dan desain yang digunakan adalah quasi eksperimen design, bentuk
desain quasi eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design,
yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI dengan jumlah
subjek berjumlah 11 orang dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan
penelitian di era pandemi COVID-19 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VI A
sebanyak 6 siswa dan siswa kelas VI B dengan jumlah 5 siswa sebagai kelas kontrol.
Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang berbentuk
pilihan uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar
85,7 untuk kelas eksperimen, dan 61,7 untuk kelas kontrol untuk mengetahui
pengaruh terhadap media EMOSI. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
media EMOSI terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VI