DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EMOSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Widyaningrum, Nur Yani
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-06-15 07:20:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media EMOSI (engklek modifikasi) pada tema 6 Cita-Citaku subtema 3 Giat Meraih Cita-Cita. Penelitian ini ini didasari oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan media yang digunakan hanya buku tema yang ditampilkan pada proyektor tanpa adanya media pembelajaran yang bervariasi sehingga beberapa siswa merasa cepat bosan dan tidak memperhatikan ketika guru menyampaikan materi pembelajaran dan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan media pembelajaran EMOSI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah quasi eksperimen design, bentuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI dengan jumlah subjek berjumlah 11 orang dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian di era pandemi COVID-19 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VI A sebanyak 6 siswa dan siswa kelas VI B dengan jumlah 5 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang berbentuk pilihan uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 85,7 untuk kelas eksperimen, dan 61,7 untuk kelas kontrol untuk mengetahui pengaruh terhadap media EMOSI. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media EMOSI terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VI 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo