Abstract :
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari saat ini bangsa
Indonesia berupaya meningkatkan mutu pendidikan untuk menghadapi perkembangan
zaman. Pengembangan LKS dikemas sedemikian rupa agar menarik minat siswa dalam
mempelajari meteri secara mandiri dan mampu meningkatkan kemampuan siswa
dalam merangsang keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kelayakan isi LKS, hasil belajar siswa, respon guru dan siswa. Jenis penelitian
menggunakan model Research and Development (R&D) yang dimodifikasi oleh
Sugiyono (2015) terdiri dari beberapa tahap meliputi potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi
produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD dengan tiga tahap yaitu
memberikan tes pretest, posttest dan angket respon siswa dan guru dengan jumlah
subjek 8 orang siswa dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian di
era pandemi Covid-19. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara,
validasi ahli, lembar tes dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan
deskriptif persentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji gain dan ketuntasan hasil
belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor persentase penilaian ahli materi
tahap 1 sebesar 84% dan tahap 2 sebesar 93%, skor penilaian ahli media tahap 1 sebesar
81% dan tahap 2 sebesar 92%. Hasil perhitungan menggunakan uji gain dengan ratarata nilai pretest dan posttest sebesar 0,70 dengan selisih rata-rata 31,88 dengan kriteria
tinggi menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Respon siswa
diperoleh berdasarkan penilaian siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan
LKS dengan menunjukkan nilai persentase rata-rata siswa antara 97%-81% dengan
kriteria sangat positif dan positif. Berdasarkan hasil uji tersebut pengembangan LKS
Berbasis CTL sangat mempengaruhi hasil belajar siswa serta respon yang sangat positif
dari siswa