Abstract :
Media online memiliki banyak kelebihan dalam menyampaikan berita
kepada khalayak, salah satunya adalah kecepatan berita yang jauh melampaui
media konvesional seperti surat kabar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan
nilai berita oleh detik.com dalam menyampaikan pemberitaan terhadap Dr. Zakir
Naik.
Dalam skripsi ini, peneliti menggunakan analisis isi. Metode ini menjadi
rumusan penelitian komunikasi kuantitatif dengan melakukan coding, dengan
melihat pemberitaan tentang Dr. Zakir Naik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Nilai Berita yang ditulis oleh detik.com terhadap pemberitaan Dr. Zakir Naik,
dengan mengacu kepada unsur – unsur nilai berita. Sehingga menunjukkan bahwa
berita yang ditulis oleh detik.com mengandung unsur Nilai Berita. Dari hasil
analisis dapat disimpulkan dari 5 kategori yang terdapat dalam nilai berita
pemberitaan kedatangan Dr. Zakir Naik di Indonesia di detik.com memenuhi 4
kategori memenuhi unsur nilai berita dan 1 kategori lainnya belum memenuhi
unsur nilai berita karena ada beberapa sub kategori yang belum tercantum dalam
pemberitaan tersebut.