Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru masih dominan menggunakan
metode ceramah, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, dan ketika
pembelajaran kelompok terdapat beberapa siswa tidak ikut serta mengerjakan tugas
kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan
menggunkana model pengembangan (R&D) dengan langkah penelitian yaitu
potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain,
uji coba produk, dan revisi produk. Penelitian ini memperoleh data dari validasi ahli
media, validasi ahli materi, observasi, tes, dan angket respon siswa. Hasil validasi
ahli media memperoleh presentase 93% dan ahli materi 84% keduanya termasuk
dalam ketegori sangat layak. Hasil belajar siswa diperoleh dari post test yaitu
memperoleh presentase 83%, hasil tersebut meningkat 33% dibandikan hasil pre
test yaitu 50%. Jadi dapat dinyatakan bahwa media flipchart dapat meningkatkan
hasil belajar siswa. Hasil angket respon siswa diproleh persentase ya 83% dan
persentase tidak 17%. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa respon siswa
terhadap penggunaan media flipchart dalam pembelajaran termasuk kriteria sangat
baik.