Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa
kelas V dengan menggunakan media gambar seri dan metode imajinatif. Penelitian
yang digunakan adalah penelitian jenis kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN
Kalidawir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2019/2020, yang
berjumlah 5 siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
tes, observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Lembar terdiri dari pre-test dan
post-test. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi siswa, observasi aktivitas
siswa, dan pedoman penilaian keterampilan menulis. Sedangkan lembar wawancara
terdiri dari lembar wawancara siswa dan lembar wawancara guru. Berdasarkan hasil
dari observasi siswa mendapatkan kategori baik. Hasil analisis data observasi siswa
dari 10 aspek diperoleh 3 aspek kriteria sangat baik, 5 aspek kriteria baik, 2 aspek
kriteria cukup dan 0 aspek kriteria kurang. Demikian pula dengan hasil observasi
aktivitas belajar siswa dalam kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata 83. Dari
lembar wawancara siswa dapat diketahui bahwa siswa menyukai pembelajaran
menulis karangan. Dari 5 siswa yang menyatakan menyukai menulis karangan ada
4 orang dan yang menyatakan tidak menyukai 1 orang. Kemudian profil menulis
karangan sebelum treatment mendapatkan nilai 57 dalam kategori cukup dan
setelah treatment mendapat nilai 83 dalam kategori baik. Dengan demikian, maka
dapat disumpulkan bahwa penggunaan metode imajinatif dengan menggunakan
media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas V
SDN Kalidawir.