DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGGUNAAN METODE IMAJINATIF DAN MEDIA GAMBAR SERI PADA KETERAMPILAN MENULIS SUBTEMA PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Anggraini, Dian Novi
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-06-22 08:01:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V dengan menggunakan media gambar seri dan metode imajinatif. Penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Kalidawir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2019/2020, yang berjumlah 5 siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes, observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Lembar terdiri dari pre-test dan post-test. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi siswa, observasi aktivitas siswa, dan pedoman penilaian keterampilan menulis. Sedangkan lembar wawancara terdiri dari lembar wawancara siswa dan lembar wawancara guru. Berdasarkan hasil dari observasi siswa mendapatkan kategori baik. Hasil analisis data observasi siswa dari 10 aspek diperoleh 3 aspek kriteria sangat baik, 5 aspek kriteria baik, 2 aspek kriteria cukup dan 0 aspek kriteria kurang. Demikian pula dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa dalam kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata 83. Dari lembar wawancara siswa dapat diketahui bahwa siswa menyukai pembelajaran menulis karangan. Dari 5 siswa yang menyatakan menyukai menulis karangan ada 4 orang dan yang menyatakan tidak menyukai 1 orang. Kemudian profil menulis karangan sebelum treatment mendapatkan nilai 57 dalam kategori cukup dan setelah treatment mendapat nilai 83 dalam kategori baik. Dengan demikian, maka dapat disumpulkan bahwa penggunaan metode imajinatif dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas V SDN Kalidawir. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo