Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan lembar kerja siswa
SMP berbasis etnomatematika permainan tradisional engklek pada materi kubus
dan limas segiempat (2) mendeskripsikan kualitas lembar kerja siswa SMP berbasis
etnomatematika permainan tradisional engklek pada materi kubus dan limas
segiempat ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan model pengembangan Plomp dengan empat
tahap, yaitu: Investigasi awal, Desain, Realisasi, dan Tes, evaluasi, dan revisi. Hasil
penelitian: (1) berdasarkan penilaian kualitas lembar kerja siswa oleh para
validator, lembar kerja siswa yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor
rata-rata 4,27 (sangat valid), (2) lembar kerja siswa memenuhi kriteria praktis
secara teori dengan rata-rata penilaian dari validator menyatakan lembar kerja siswa
dapat digunakan dengan sedikit revisi. Secara praktik, diperoleh presentase
keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran 88,9% (pertemuan ke-1) dan 83%
(pertemuan ke-2) dengan skor rata-rata akhir 3,44 (baik), selain itu berdasarkan
aktivitas siswa diperoleh aktivitas aktif lebih besar dari aktivitas pasif (92,7%
>8,2%), sehingga dapat disimpulkan lembar kerja siswa sangat praktis digunakan,
(3) berdasarkan tes hasil belajar diperoleh ketuntasan klasikal 80% (baik) dengan
rata-rata kelas diperoleh 88, sedangkan hasil angket respon siswa diperoleh skor
98% (sangat positif), sehingga disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang
dikembangkan efektif digunakan.