Abstract :
Perkembangan industri MICE di Indonesia memunculkan hotel-hotel baru, khususnya di kota Surabaya yang merupakan kota besar kedua setelah Jakarta, infrastrutur yang sudah memadai membuat kota Surabaya sebagai kota tujuan MICE. Perkembangan industri MICE juga menimbulkan dampak persaingan antar hotel. Mereka berlomba-lomba dalam persaingan tersebut dengan menggunakan strategi. Peneliti disini tertarik untuk meneliti strategi yang digunakan dalam persaingan tersebut dengan menggunakan teori strategi brand image dalam kaitannya dengan integrated marketing communication.
Metode yang digunakan peneliti disini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan melakukan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari teknik pengumpulan data tersebut, peneliti memperoleh kesimpulan bahwa strategi brand image Yello Hotel Surabaya dalam perkembangan industri MICE terkait dengan integrated marketing communication terdapat proses perencanaan yang meliputi mengidentifikasi khalayak sasaran dan menentukan merek, logo, design bangunan, fasilitas dan harga. Proses pelaksanaan meliputi advertising, sales promotion, public relations, personal selling dan direct marketing dan yang terakhir yakni proses evaluasi. Dari adanya strategi tersebut memberikan daya tarik kepada konsumen dan meningkatkan okupansi serta meningkatkan kegiatan MICE di Yello Hotel Surabaya.
Kata Kunci : Strategi, brand image, Yello Hotel Surabaya, integrated marketing communication