Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model berbasis lingkungan
terhadap hasil belajar siswa pada sub tema tanaman di sekitarku. Desain
penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest. Populasi dari penelitian ini
adalah kelas 1 SDN Kebaron Tulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa
terdapat pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar mendapatkan
nilai thitung sebesar 11,695 dan ttabel diperoleh nilai sebesar 2,093 sehingga thitung
< ttabel maka H0 ditolak, maka H1 diterima. Hasil nilai signifikan yaitu nilai
signifikannya kurang dari 0,05 yaitu Sig.(0,000) < 0,05 sehingga H0 ditolak, maka
H1 diterima. Hasil penelitian terhadap efektivitas siswa berdasarkan perhitungan
uji efektivitas atau N-gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score
untuk kelas 1 sebesar 74,6404 termasuk dalam kategori sudah efektif. Dengan
nilai N-gain score minimal 42,86 dan maksimal 100,00. Berdasarkan hasil
penelitian yang telah dilakukan mengenai pengaruh model berbasis lingkungan
terhadap hasil belajar menggunakan tes awal atau Pretest dan tes akhir Posttest
terdapat pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa