Abstract :
Sebuah pembelajaran yang dikemas dalam bentuk media pembelajaran tematik belum
tersedia sehingga siswa sulit untuk mendapatkan sebuah pengetahuan dan informasi
tentang materi yang telah diajarkan, maka dibutuhkan suatu pengembangan media
pada pembelajaran tematik yang dapat digunakan sebagai komunikasi adalah media
PAPIMU (Papan Pizza Ilmu). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran PAPIMU (Papan Pizza Ilmu) berbasis saintifik terhadap motivasi dan
keaktifan siswa. Salah satu permasalahan pendidikan adalah minimnya sarana dan
prasarana, sehingga guru diminta kreatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
dikelas seperti mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang
menarik dan mengatasi kebosanan siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan
belajar sambil bermain, seperti penggunaan media PAPIMU (Papan Pizza Ilmu).
Penelitian ini mengembangkan media PAPIMU (Papan Pizza Ilmu) terhadap motivasi
dan keaktifan siswa SD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan
melalui validasi ahli, observasi dan angket. Sampel pada penelitian ini sebanyak 10
siswa SD. Hasil implementasi media pembelajaran PAPIMU (Papan Pizza Ilmu)
terhadap motivasi siswa sebanyak 79,68% - 86,87%, keaktifan siswa sebanyak 85% -
100% sedangkan respon siswa terhadap media PAPIMU (Papan Pizza Ilmu) sebanyak
87,5% - 93%. Berdasarkan hasil uji tersebut, media PAPIMU (Papan Pizza Ilmu)
sangat mempengaruhi motivasi dan keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran
berlangsung.