Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media KOKAMI. Pengembangan
media ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran di dalam
kelas tanpa adanya penggunaan media yang cocok dengan karakteristik siswa
sekolah dasar. Penelitian ini didasari oleh proses pembelajaran yang masih
menggunakan metode ceramah dan media yang digunakan tidak bervarisi.
Pengembangan media ini menggunakan penelitian pengembangan (R & D) menurut
Borg and Gall dengan langkah penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan
data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi
produk. Data dalam penelitian ini diperoleh dari validasi ahli, observasi, tes, dan
angket respon siswa. Hasil penelitian dari validasi ahli media memperoleh
presentase 91% dengan kategori sangat baik, dan validasi materi sebesar 82,5%
dengan kategori sangat baik. Hasil observasi aktifitas guru sebesar 100% dan
aktifitas siswa sebesar 94,4% dengan kategori tinggi. Hasil pre test dan post test
dengan presentase nilai pre test sebesar 50% dan nilai post test sebesar 83,3%.
Presentase kenaikan media KOKAMI tersebut yaitu sebesar 33,3%. Jadi media
KOKAMI layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk hasil
respon siswa mencapai presentase 85% dan masuk dalam kategori sangat baik.