Abstract :
Media pembelajaran dibutuhkan sebagai alat bantu untuk menunjang kegiatan
belajar mengajar agar tujuan pembelajaran tercapai. Media pembelajaran mibundo
merupakan media yang dapat digunakan guru untuk membantu siswa lebih paham
dengan materi yang disampaikan dan menjadi alat bantu guru untuk membentuk
karakter siswa . Metode yang digunakan penulis dalam penelitian adalah metode
kuantitatif dengan jenis penelitian Korelasi Product Moment, yaitu mencari
sebarapa kuat hubungan dari dua variabel atau lebih. Penelitian ini dilaksanakan
pada tahun ajaran 2019/2020 di SDN Bluru Kidul Sidoarjo. Pengumpulan data
penelitian menggukanan observasi, angket, dan soal tes. Dari analisis data penulis
didapat (1)Nilai korelasi rhitung dari media pembelajaran mibundo dengan
pemahaman materi siswa diperoleh rhitung>rtabel=0,897>0,8114 sehingga ada
hubungan sangat kuat antara penggunaan media pembelajaran mibundo dengan
pemahaman materi. (2)Nilai korelasi rhitung dari media pembelajaran mibundo
dengan pendidikan karakter diperoleh rhitung>rtabel=0,907>0,8114. Sehingga ada
hubungan sangat kuat antara penggunaan media pembelajaran mibundo dengan
pendidikan karakter. (3)Nilai thitung=9,2>=2,776=ttabel, maka Ho ditolak dan Ha
diterima, sehingga ada hubungan media pembelajaran mibundo dengan
pemahaman materi. (4)Nilai thitung=10,2>=2,776=ttabel, maka Ho ditolak dan Ha
diterima, sehingga ada hubungan media pembelajaran mibundo dengan pendidikan
karakter anak. Artinya hipotesis Ha : Ada hubungan antara antara penggunaan
media pembelajaran miniatur budaya Indonesia dengan pemahaman materi dan
pendidikan karakter anak diterima.