Abstract :
Implementasi adalah suatu cara pelaksanaan kegiatan yang terencana
secara rapi, cermat dan rinci untuk memperoleh hasil yang efektif dan efisien yang
di tinjau dari aktivitas guru, aktivtas siswa, hasil belajar dan respons siswa. supaya
membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan agar siswa tidak
bingung dengan banyaknya rumus yang ada di materi bangun ruang sisi datar,
maka dapat mengimplementasikan mode pembelajaran picture and picture
dimana metode pembelajaran ini siswa harus aktif yang menggunakan gambar dan
dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan yang sistematis, seperti menyusun
gambar secara berurutan, menunjukkan gambar, memberi keterangan gambar dan
mejelaskan gambar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, data
yang diperoleh dari sampel populasi penelitian dianalisis sesuai dengan metode
statistik yang digunakan kemudian diinterprestasikan. Karena penelitian ini ingin
mengetahui Implementasi model pembelajaran picture and picture kelas VIII di
SMP Bilingual Terpdu pada materi bangun ruang sisi datar. Pada pelaksanaan
model pembelajaran picture and picture pada penelitian ini nilai aktivitas guru
menujukan 3,08 di kategori “baikâ€, pada bagian aktivitas siswa dari 12 indikator
mendapatkan 8 sangat aktif dan 4 aktif. Pada bagian nilai hasil belajar secara
klasikal mendapatkan 62,5% ini menunjukan bahwa secara klasikal dikatakan
“belum tuntasâ€. Dan dari respons siswa dinyatakan positif karena angket respons
pada kriteria “baikâ€