Abstract :
Untuk melihat peningkatan siswa dalam proses pembelajaran, salah satunya
adalah nilai hasil belajar. Supaya membuat siswa berperan aktif dalam proses
pembelajaran materi segi empat bangun trapesium di kelas, maka dapat menerapkan
model Brain Based Learning dimana siswa diminta aktif untuk menggali
pengetahuan agar dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adanya pengaruh model Brain Based Learning terhadap hasil belajar
siswa pada materi segi empat. Penelitian ini adalah eksperimen dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilaksanakan pada tahun ajaran
2020/2021 di SMP Kemala Bhayangkari 7 Porong dengan sampel 29 siswa pada
kelas VII-A. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada materi
segi empat bangun trapesium yang dilihat dari nilai thitung = 2,797 > ttabel = 2,051
dengan kondisi probabilitas signifikan (0,009) kurang dari α (0,05). Selain itu
ditunjukkan juga dengan persamaan regresi linear yaitu -253,494+ 3,808X yang
memperlihatkan bahwa jika model Brain Based Learning dilaksanakan semakin
baik dengan persiapan yang matang sehingga hasil belajar siswa meningkat dengan
baik. Model Brain Based Learning memiliki kontribusi/pengaruh sebesar 22,5 %
pada proses pembelajaran materi segi empat .