Abstract :
Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan sebuah model
pembelajaran yang menggabungkan dua gaya belajar yang dimili oleh setiap
orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi
bangun ruang sisi lengkung di kelas IX-B SMP Cendekia Sidoarjo sejumlah 30
siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar terhadap model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan kerucut, tabung dan
bola. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif yang terdiri dari 2 kali pertemuan pembelajaran dan 1 kali pertemuan
untuk evaluasi hasil belajar siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah One Shoot Case Study. Pengambilan sampel menggunakan teknik
random sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah uji asumsi klasik kemudian dilanjutkan menggunakan analisis regresi
linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (3,510) > ttabel
(2,048) sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa secara
signifikan.