Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ada di kelas II Sekolah
Dasar. Siswa kurang bisa memahami materi yang dipelajari sehingga hasil dan
keaktifan belajar masih kurang. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin
menggunakan metode NHT dan pendekatan Saintifik yang akan menjadi solusi
penyemangat siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat
pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan keaktifan
belajar siswa dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen. Penelitian ini mencoba meneliti ada tidaknya hubungan sebab akibat.
Penelitian eksperimen ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel X dan
variabel Y. Yang dimana X adalah kualitas alat dan Y adalah Kualitas yang
dihasilkan. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan dengan sistem BDR (Belajar
Dari Rumah) yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik mendapat penilaian dari aspek
kelayakan materi sebesar presentase 4,3 dengan kategori sangat valid yang artinya
sudah layak untuk digunakan, dan penilaian keaktifan belajar siswa kelas kontrol
presentase sebesar 76,6 yang memiliki kategori baik sedangkan penilaian keaktifan
belajar siswa kelas eksperimen presentase sebesar 98,3 yang memiliki kategori
sangat baik. Penilaian hasil wawancara pada siswa memperoleh presentase sebesar
0,95 yang memiliki kategori sangat baik. Nilai rata-rata tes awal (pretest) adalah
64,50 dengan standart deviasi adalah 5,368 sedangkan untuk nilai tes akhir
(posttest) adalah 87,75 dengan standart deviasi adalah 7,967. Perbedaan nilai ratarata hasil tes sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan metode
NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa kelas
II SD meningkat sebesar 23,25. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan
keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dan berpengaruh sangat baik.