DETAIL DOCUMENT
DESAIN PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Zazilah, Iva
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2021-06-22 08:19:58 
Abstract :
Siswa sekolah Menengah Pertama (SMP) mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal Sistem persamaan Dua Variabel (SPLDV). Siswa perlu memahami konsep SPLDV untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan SPLDV. Pelaksanaan penelitian design research ini didasari oleh PMRI, Design research merancang kegiatan dengan pertimbangan pada proses pembelajaran SPLDV melalui hipotesis hypotetical learning trajectory yang akan diterapkan pada PMRI. Teori local instructional theory menggambarkan hasil pada penelitian ini. Literature, Designing the Hypothetical Learning Trajectory (HLT), dan Pilot Experiment adalah batasan pada penelitian design reseach. Penelitian melibatkan menggunakan sampel sebanyak 5 siswa kelas VIII SMP. Pembelajaran dengan PMRI menghasilkan, 1)siswa dapat merepresentasikan gambar dan strategi membandingkan, 2) siswa menyelesaikan permasalahan menggunakan representasi gambar, strategi membandingkan, dan strategi menukar kemudian dilanjutkan dengan metode subtitusi menggunakan gambar, 3)siswa menyelesaikan permasalahan menggunakan representasi simbol, kemudian dilanjutkan dengan metode subtitusi menggunakan variabel. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo