Abstract :
Siswa sekolah Menengah Pertama (SMP) mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal Sistem
persamaan Dua Variabel (SPLDV). Siswa perlu memahami konsep SPLDV untuk menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan SPLDV. Pelaksanaan penelitian design research ini didasari oleh
PMRI, Design research merancang kegiatan dengan pertimbangan pada proses pembelajaran
SPLDV melalui hipotesis hypotetical learning trajectory yang akan diterapkan pada PMRI. Teori
local instructional theory menggambarkan hasil pada penelitian ini. Literature, Designing the
Hypothetical Learning Trajectory (HLT), dan Pilot Experiment adalah batasan pada penelitian
design reseach. Penelitian melibatkan menggunakan sampel sebanyak 5 siswa kelas VIII SMP.
Pembelajaran dengan PMRI menghasilkan, 1)siswa dapat merepresentasikan gambar dan strategi
membandingkan, 2) siswa menyelesaikan permasalahan menggunakan representasi gambar, strategi
membandingkan, dan strategi menukar kemudian dilanjutkan dengan metode subtitusi
menggunakan gambar, 3)siswa menyelesaikan permasalahan menggunakan representasi simbol,
kemudian dilanjutkan dengan metode subtitusi menggunakan variabel.