Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Adakah pengaruh model
kooperatif tipe match a match pada subtema hebatnya cita-citaku terhadap hasil
belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar, 2) Hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar
setelah menggunakan model kooperatif tipe match a match pada subtema hebatnya
cita-citaku, 3) Mengetahui bagaimana aktivitas siswa kelas IV Sekolah Dasar
setelah menggunkan model kooperatif tipe match a match pada subtema hebatnya
cita-citaku. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksperimen Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang
terdiri dari 2 kelas berjumlah 17 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda dan uraian berupa pre test
dan post test sebanyak 20 soal yang telah di validatorkan oleh dosen ahli dan siswa.
Analisis data yang digunakan yaitu t-test.
Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Penggunaan Model Pembelajaran
kooperatif Tipe Make a Match berperan sebagai model yang digunakan untuk
menyampaikan pembelajaran yang membuat peserta didik mampu berfikir secara
kreatif dalam menanggapi pembelajaran yang diajarkan oleh guru, 2) Hasil belajar
subtema hebatnya cita-citaku pada kelas eksperimen (IV) dengan menggunakan
Model Pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match diperoleh rata-rata post test
85,5 sedangkan kelas kontrol (IV) dengan menggunakan metode ceramah dan
Tanya jawab diperoleh rata-rata pot test 63. Berdasarkan hasil rata-rata post test
bahwa pemebelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Make a
Match memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) berdasarkan uji hipotesis pada saat
post test bahwa diperoleh model pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan
uji t diperoleh thitung < ttabel yaitu 18.606<2,62 dengan taraf signifikan 0,05 yang
menyatakan ditolak H1 dan diterima H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.