Abstract :
Media pembelajaran merupakan bagian dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Media
pembelajaran dapat membantu mengatasi kesulitan peserta didik dalam memahami materi yang
sedang diajarkan oleh guru. Sehingga masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
pengembangan media boneka jari, bagaimana aktivitas siswa saat menggunakan media boneka
jari, dan bagaimana keefektifannya dalam pembelajaran tematik tema Indahnya Keragaman di
Negeriku kelas IV SD. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan media
pembelajaran media Boneka Jari yang digunakan pada pembelajaran tematik tema Indahnya
Keragaman di Negeriku kelas IV SD, untuk mengetahui aktivitas siswa aktif atau tidak saat
menggunakan media pembelajaran boneka jari, dan dengan harapan media pembelajaran dapat
digunakan secara efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengembangan Borg and Gall yang
dimodifikasi oleh Sugiyono. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian dan
pengembangan ini yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4)
validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Subjek uji coba penelitian
ini adalah peserta didik kelas IV SD, dengan dua tahap yaitu: pretest dan posttest subjek berjumlah
8 orang dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian di era pandemi COVID-19.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan observasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu analisis data ke kualitatif ke data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan
Media Boneka Jari telah mendapat keterangan sangat layak menurut validasi ahli materi dan ahli
media setelah melakukan 2 tahap validasi dengan masing-masing memperololeh 91% dan 85%
serta hasil pretest dan posttest 68% dan 95%. Hasil observasi yang dinilai oleh guru pada saat
peneliti sedang melakukan kegaiatan mengajar memperoleh presentase 91,3% dengan keterangan
sangat layak.