Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana
kesalahan yang dilakukan siswa SMP Nurul Huda Tulangan dalam menyelesaikan
soal model PISA prediks level 2 pada konten space and shape. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan objek
penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak. Peneliti menggunakan analisis
kesalahan Newman yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: a) Membaca masalah, b)
Memahami masalah, c) Transformasi masalah, d) Keterampilan proses, e)
Penulisan jawaban akhir. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 3 subjek
siswa dari kelas IX, subjek dipilih berdasarkan tingkat kemampuan dalam
matematika. Pada penelitian ini peneliti menggunakan 3 soal model PISA prediksi
level dua pada konten Space and shape. Teknik pengambilan data dilakukan
dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Instrumen dari penelitian ini
yaitu lembar tes yang terdiri dari 3 soal model PISA prediksi level dua pada
konten Space and shape dan pedoman wawancara. Hasil penelitian: Dari ketiga
subjek yang terpilih, siswa banyak melakukan kesalahan dalam proses
penyelesaian soal pada tahap keterampilan proses (Processing skills) dan
penulisan jawaban akhir (Encodding). Secara umum hal ini disebabkan karena
rendahnya kemampuan siswa dalam mengubah masalah ke dalam model
matematika, rendahnya pemahaman dalam cara menyelesaikan soal, dan
rendahnya kemampuan berhitung secara matematis.