Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pada pembelajaran matriks
yang berkualitas dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh masalah yakni belum adanya sumber belajar yang lain dan
penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika serta rendahnya kemandirian
belajar siswa sehingga mengakibatkan hasil belajar yang dihasilkan siswa rendah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research dan
Development). Langkah-langkah pada penelitian pengembangan ini adalah ( 1)
menentukan potensi dan masalah, 2) mengumpulkan data, 3) desain produk, 4) validasi
desain, 5) perbaikan desain, 6) membuat produk, 7) uji coba produk, 8) revisi produk 1.
Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul matematika yang dikembangkan memenuhi
kriteria valid,efektif, dan praktis. E-modul matematika dinyatakan valid berdasarkan hasil
penelitian oleh para ahli menunjukkan angka 5,25 dengan kriteria "Sangat Valid". Untuk
hasil ketergunaan e-modul pada siswa menunjukan angka 88,885% dengan kriteria
"Sangat Praktis". Pada kemandirian belajar siswa dari 9 narasumber 5 narasumber
diantaranya menunjukan angka 55,5% dengan kategori "Sangat tinggi" dan hasil belajar
siswa menunjukkan angka 66,667% ketuntasan dengan kategori baik. Maka, dapat
disimpulkan bahwa e-modul matematika layak digunakan.