Abstract :
Problem Based Instruction (PBI) merupakan suatu pembelajaran siswa
mengerjakan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun
pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan ketrampilan
berpikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian, dan percaya
diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran
menggunakan Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program
geogebra yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas XI AK-1 SMK
PGRI 3 Sekardangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan pendekatan kuantitatif dengan desain perlakuan tunggal (One-Shot
Case Study). Populasi daam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK-1 SMK
PGRI 3 Sekardangan tahun pelajaran 2019-2020, teknik pengambilan
sampel ini peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling sampel
dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi
itu. Sampel dalam penelitian ini yaitu 10 siswa XI jurusan akuntansi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh Problem Based
Instruction (PBI) berbantuan program geogebra terhadap kemampuan
pemecahan masalah yang ditunjukkan dari nilai thitung = 0,052 < ttabel = 2,306
dan didukung dengan kondisi probabilitas signifikan sebesar (0,617) yang
lebih dari α 0.05. Selain itu ditunjukkan juga dengan persamaan regresi
linearnya yaitu Ŷ = 34.577 + 0.001X yang memperlihatkan bahwa Problem
Based Instruction (PBI) berbantuan program geogebra dilaksanakan kurang
baik maka kemampuan pemecahan masalah siswa juga kurang baik.
Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program geogebra memiliki
konstribusi/pengaruh sebesar 0.033% terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa.