DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Problem Based Instruction (PBI) Berbantuan Program Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Transformasi
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Aini, Siti Nur
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2021-06-22 08:21:07 
Abstract :
Problem Based Instruction (PBI) merupakan suatu pembelajaran siswa mengerjakan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan ketrampilan berpikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian, dan percaya diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program geogebra yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas XI AK-1 SMK PGRI 3 Sekardangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain perlakuan tunggal (One-Shot Case Study). Populasi daam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK-1 SMK PGRI 3 Sekardangan tahun pelajaran 2019-2020, teknik pengambilan sampel ini peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi itu. Sampel dalam penelitian ini yaitu 10 siswa XI jurusan akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah yang ditunjukkan dari nilai thitung = 0,052 < ttabel = 2,306 dan didukung dengan kondisi probabilitas signifikan sebesar (0,617) yang lebih dari α 0.05. Selain itu ditunjukkan juga dengan persamaan regresi linearnya yaitu Ŷ = 34.577 + 0.001X yang memperlihatkan bahwa Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program geogebra dilaksanakan kurang baik maka kemampuan pemecahan masalah siswa juga kurang baik. Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program geogebra memiliki konstribusi/pengaruh sebesar 0.033% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo