Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kemampuan siswa dalam pengajuan soal
ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian ini yaitu
penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan 2 tes yaitu tes Group
Embedded Figures Test (GEFT) dan tes pengajuan soal kepada 13 siswa kelas VIII. Kemudian
dari penelitian ini subjek yang terpilih terdiri dari empat siswa yaitu dua siswa yang memiliki gaya
kognitif field dependent dengan perolehan hasil skor tes GEFT 4 sampai dengan 9 dan dua siswa
yang memiliki gaya kognitif field independent dengan perolehan hasil skor tes GEFT 12 sampai
dengan 16. Pemilihan subjek dalam penelitian sebanyak empat siswa, peneliti mengambil secara
acak untuk diberikan tes pengajuan soal, adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui pemikiran
siswa lebih lanjut dan juga ingin lebih dalam mengetahui kemampuan memahami informasi (soal),
menyusun rencana pembuatan soal, membuat soal dan memeriksa soal. Hasil penelitian
menunjukkan adanya ketidaksamaan pada kemampuan memahami informasi (soal), menyusun
rencana pembuatan soal, membuat soal dan memeriksa soal dalam menyelesaikan tes pengajuan
soal pada keempat subjek, adapun kemampuan memahami informasi (soal), subjek field dependent
dan subjek field independent mendeskripsikan dengan tepat apa yang diketahui dengan bahasanya
sendiri. Kemampuan menyusun rencana pembuatan soal, subjek field dependent dan field
independent mendeskripsikan dengan jelas untuk rencana membuat soal. Kemampuan membuat
soal, Subjek field dependent dan subjek field indpendent mampu membuat soal dengan gambar
bangun datar sesuai materi. Kemampuan memeriksa soal, subjek field dependent dan subjek field
independent menyelesaikannya dengan memasukkan rumus yang tepat dan menggunakan
perhitungan yang benar. Serta memeriksa jawaban dari soal yang dibuatnya dengan sangat teliti
kebenaran jawaban yang sudah diselesaikannya.